13. Pengeboran Eksplorasi Batubara Dengan Teknik Terbaik

Pengeboran Eksplorasi Batubara Dengan Teknik Terbaik

Pengeboran eksplorasi batubara merupakan tahapan untuk eksplorasi umum yang berhubungan dengan kegiatan pengeboran. Dalam hal kegiatan batubara ini, pengeboran dilakukan untuk mengetahui data geologi di dalam permukaan atau subsurface, seperti urutan dari stratigrafi, posisi kedalaman, dan ketebalan batu bara.

13. Pengeboran Eksplorasi Batubara Dengan Teknik Terbaik
ryangineers.wordpress.com

3 Teknik Pengeboran Eksplorasi Batubara

Pengeboran dalam kegiatan pertambangan batu bara bertujuan untuk mendapatkan contoh dari kualitas batubara. Dengan menggunakan contoh ini akan dilakukan analisa untuk mengetahui keadaan geologi dan gehidrologi dalam mendapatkan data akurat mengenai geologi teknik dan permukaan tanah.

Selain itu, dengan menggunakan pengeboran bisa mengetahui titik informasi yang penting untuk meningkatkan kualitas dari sumber daya di dalam dan memberikan cadangan untuk menambah keyakinan geologi.

Untuk melakukan pengeboran eksplorasi batubara biasanya akan digunakan beberapa teknik khusus. Hal ini bisa dilakukan jika melihat cara pengambilan contoh batubara dari dalam tanah. Nah, metode yang akan digunakan ada 3 cara, yaitu:

Open Hole

Teknik yang pertama yaitu pengeboran dengan cara memberikan lubang sampai kedalaman yang sudah direncanakan. Nantinya untuk contoh yang akan diambil dari setiap gerusan tanah. Media campuran untuk pengeboran ini diberikan campuran air dalam memberikan pengeboran yang lebih mudah.

Full Core

Teknik yang satu ini merupakan kegiatan pengeboran eksplorasi batubara langsung sampai kedalaman yang direncanakan tanpa menggunakan open hole. Artinya langsung ke dalam dengan mengambil contoh dari intinya. Dengan jasa pengeboran eksplorasi batubara menggunakan full core bisa mendapatkan data yang langsung pada intinya.

Touch Core

Merupakan teknik campuran yang awalnya menggunakan teknik open hole untuk mengambil contoh dari setiap gerusan dengan menggunakan mata bor sebagai indikasinya. Lalu mata bor akan diganti dan dilanjutkan dengan menggunakan teknik full core untuk mengambil contoh pada inti batuan. Dengan perpaduan kedua teknik ini, tentu akan membuat biaya produksi lebih tinggi.

Dari ketiga teknik diatas yang sering digunakan untuk mengetahui data akurat mengenai geologi tanah dalam pertambangan batubara adalah dengan teknik open hole. Hal ini karena teknik ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan kedua teknik lainnya.

Selain itu, dengan menggunakan teknik ini akan memiliki waktu yang lebih cepat sehingga biaya produksi akan lebih ringan. Akan tetapi, untuk menentukan ketebalan dan kedalaman batubara untuk teknik ini masih kurang akurat apabila dibandingkan dengan menggunakan teknik full core.

Agar lebih akurat lagi dalam kegiatan pertambangan batubara, baik untuk ketebalan dan kedalamannya bisa menggunakan teknik open hole dengan berbarengan menggunakan logging geofisika. Sehingga perpaduan teknik akan menghasilkan data yang lebih akurat dan terpercaya.

Logging geofisika sendiri adalah salah satu metode yang bisa digunakan untuk mengetahui potensi penyebaran lapisan tanah secara vertikal. Ini merupakan bentuk lapisan yang membawa air tanah, yaitu akufer atau yang bukan lapisan pembawa air tanah yang bisa dilakukan setelah aktivitas pengeboran.

Sehingga teknik open hole yang berpadu dengan logging geofisika bisa menghasilkan data yang lebih akurat untuk data-data kondisi di kedalaman, baik kualitas batubara dan batuan yang akan dijangkau nantinya. Sehingga penggunaan teknik ini sangat disarankan.

Oleh karena itu, bagi yang membutuhkan jasa pengeboran eksplorasi batubara bisa menghubungi PT Maleo Rachma Indo Abadi yang mampu memberikan kualitas terbaik dengan menggunakan tenaga yang berpengalaman dan alat yang canggih. Selain itu, perusahaan jasa memberikan harga yang terjangkau untuk kualitas terbaiknya dalam pengeboran batubara.

One comment

  1. […] sempit akan membatasi terjadinya kelanjutan pengeboran. Karena alasan inilah maka perlu dibuat pola pengeboran tambang bawah tanah yang bisa disesuaikan dengan kondisi. Berbeda pada bidang terbuka pengeboran […]

Leave a Reply