ISO dan pentingnya dalam bisnis

Mengenal The International Organization for Standardization (ISO) dan Pentingnya dalam Bisnis

Sebelum membahas lebih lanjut tentang ISO, anda pasti mengenal dengan istilah SNI (Standar Nasional Indonesia) yaitu satu-satunya standar yang berlaku secara nasional di Indonesia dirumuskan oleh Komite Teknis (dulu disebut sebagai Panitia Teknis) dan ditetapkan oleh Badan Standarisasi Nasional. Bedanya dengan ISO yaitu standar internasional yang dirumuskan oleh organisasi internasional khusus atau non-pemerintah terdiri dari lebih dari 160 negara.

ISO bertugas menetapkan atau menentukan standar internasional dibidang industri dan komersial dunia dengan maksud untuk meningkatkan perdagangan negara-negara yang ada di dunia ini. Setiap perusahaan yang ingin bersaing secara global dapat diukur kemampuannya atau keadaannya dengan standar-standar yang telah ditetapkan ISO. Perusahaan yang telah terverifikasi oleh ISO akan berpeluang dalam memenangkan persaingan pasar global tersebut karena memberikan jaminan kualitas produk agar konsumen lebih percaya terhadap produk tersebut. Penerapan ISO di suatu perusahaan berguna untuk:

  1. Meningkatkan citra perusahaan.
  2. Meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan.
  3. Meningkatkan efisiensi kegiatan.
  4. Memperbaiki manajemen organisasi dengan menerapkan perencanaan, pelaksanaan, pengukuran dan tindakan perbaikan (plan, do, check, act).
  5. Meningkatkan penataan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan dalam hal pengelolaan lingkungan.
  6. Mengurangi risiko usaha.
  7. Meningkatkan daya saing.
  8. Meningkatkan komunikasi internal dan hubungan baik dengan berbagai pihak yang berkepentingan.
  9. Mendapat kepercayaan dari konsumen/mitra kerja/pemodal.

Jenis-Jenis ISO

Sertifikasi ISO terbagi menjadi beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan kegunaannya. Berikut ini adalah jenis-jenis sertifikasi ISO yang sering digunakan oleh perusahaan di Indonesia.

ISO 9001

ISO 9001:2015 dianggap sebagai standar internasional terbaik dan terbaru untuk mengelola sistem manajemen mutu sehingga paling banyak diadopsi oleh berbagai organisasi atau perusahaan. Di mana bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang atau jasa) terhadap kebutuhan pelanggan yang telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Di mana dengan sistem pelayanan berbasis ISO 9001 tersebut diharapkan perusahaan dapat memberikan kualitas pelayanan yang sangat profesional kepada pelanggannya.

ISO 14001

ISO 14001 adalah standar internasional yang diakui secara luas yang menetapkan persyaratan untuk organisasi yang ingin meningkatkan kinerja lingkungan mereka dan meningkatkan efisiensi operasional mereka. Kerangka kerja yang didasarkan pada ISO 14001 akan membantu organisasi mengelola proses jangka pendek dan jangka panjang mereka melalui penggunaan sumber daya yang efisien, yang akan memiliki dampak positif terhadap lingkungan. Oleh karena itu, ISO 14001 berkaitan erat dengan manajemen lingkungan dan dampak-dampak yang ditimbulkan dari adanya perusahaan atau organisasi yang harus memperhatikan keseimbangan lingkungan di sekitarnya.

ISO 28001

ISO 28000 adalah standar internasional yang membahas persyaratan Sistem Manajemen Keamanan  untuk rantai pasok (supply chain security). Standar ini menetapkan aspek-aspek untuk membantu organisasi menilai ancaman keamanan dan mengelolanya saat muncul dalam rantai pasokan mereka. Organisasi dapat menentukan apakah ada langkah-langkah keamanan yang tepat dan dapat melindungi properti mereka dari berbagai ancaman.

ISO 22001

ISO 22000 adalah standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen keamanan pangan mencakup segala jenis produk makanan dan minuman berlaku untuk semua organisasi yang terlibat dalam rantai makanan, yang tujuan utamanya adalah untuk memastikan keamanan pangan. Perusahaan melakukan peningkatan terhadap quality control, rencana pengendalian produk dan memperhatikan aspek keselamatan dan kesehatan konsumen dengan menjamin bahwa produk telah diuji keamanannya sebelum bisa dikonsumsi secara luas.

ISO 45001

ISO 45001 berisi tentang sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (K3) yang harus diterapkan oleh semua pelaku usaha. Selain itu, pelaku usaha tersebut harus memiliki mekanisme untuk mengatasi risiko yang mungkin timbul. Terkhusus untuk perusahaan yang memperkerjakan pegawainya dalam aktivitas kerja yang memiliki risiko sedang hingga tinggi perlu mengantongi standar sertifikasi ISO 45001 ini. Fungsinya untuk memberikan tempat kerja yang sehat dan aman baik bagi karyawan sampai pengunjung sehingga terhindar dari segala risiko dalam aktivitas pekerjaannya.

Saat ini PT Maleo Rachma Indo Abadi yang bergerak dibidang drilling dan blasting telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001, ISO 14001, dan ISO 45001 dimana ketiga sertifikasi ISO tersebut membuktikan bahwa PT Maleo Rachma Indo Abadi adalah perusahaan yang mempunyai standar mutu baku dalam setiap pekerjaan yang dilakukan, peduli dengan lingkungan, dan sudah mempunyai early warning sistem terhadap resiko pekerjaan yg dilakukan.

Source: https://www.bsn.go.id/main/sni/isi_sni/5

Source: https://www.pengadaanbarang.co.id/2020/07/pengertian-iso-dan-jenis-jenis-standar-iso.html

Source: https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-iso/